Sewa Bus : Petualangan wisata di Suku Huu di Botswana

Sewa Bus : Petualangan wisata di Suku Huu di Botswana

Pakar kami dari Botswana, James Bescoby, pergi ke Makgadikgadi Pan yang luas untuk menemui orang-orang Semak Semak Zu / ’untuk melihat cara hidup mereka yang unik.

Selama kunjungan saya ke Botswana, saya jatuh cinta pada daerah yang relatif tidak dikenal yang disebut Makgadikgadi. Ini adalah lingkungan yang keras tetapi indah dengan beberapa panci garam terbesar di dunia. Panci garam ini dimulai sebagai sebuah danau besar yang hanya dikenal sebagai Danau Makgadikgadi tetapi telah lama mengering, meninggalkan daerah yang kira-kira seukuran Portugal.

Panci garam adalah yang terbaik antara April dan November. Kawanan besar flamingo yang lebih besar dan lebih sedikit berduyun-duyun ke Makgadikgadi Pan di bagian awal tahun, sementara mereka yang mengunjungi nanti akan menemukan panci garam yang luas ini sebagai yang paling kering dan paling menakjubkan. Itu adalah bagian akhir tahun ketika saya tiba di Pan Makgadikgadi, dan itu membuat saya tercengang.

Salah satu pengalaman saya yang paling berkesan sampai saat ini adalah pertemuan dengan Bushmen Zu / 'hoasi. Suku kuno orang ini telah hidup dan berkembang di wilayah ini selama ribuan tahun.


Melihat sekeliling saya, saya bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi di lingkungan yang keras ini. Ketika dunia modern mendekati tradisi kuno mereka, saya merasa rendah hati bahwa kepercayaan tradisional mereka tetap kuat.


Ada gerakan lambat modernisasi yang terjadi dalam keluarga Bushmen; anak-anak yang lebih kecil bersekolah di universitas dan sekolah dan dapat berbicara berbagai bahasa serta bahasa hou Zu / ';


Perasaan umum adalah bahwa ini adalah budaya yang begitu unik sehingga harus dilestarikan dan tak tersentuh dari peradaban barat. Namun, apa yang diinginkan oleh Bushmen Zu / hoasi adalah untuk bergabung dengan zaman modern.


Ini sepertinya langkah positif dan konvergensi ini memberi saya pandangan sekilas ke dalam kehidupan seorang Bushman dan saya merasa luar biasa.

Kami mulai dengan mengikuti mereka berjalan-jalan melintasi panci. Para lelaki memimpin, dan kelompok itu mengikuti, semua berjalan satu file. Udara kering dan panas, matahari belum mencapai puncaknya. Dua pemandu Bushmen bukanlah para penatua, melainkan dua yang pernah bersekolah dan universitas; contoh perubahan dalam suku mereka. Mereka akan menjadi penerjemah dan panduan saya untuk perjalanan ini.

Berjalan kaki di semak-semak memberi Anda pengalaman yang sangat berbeda dan nyata di Afrika, Anda tidak lagi memiliki perlindungan yang disediakan kendaraan dan berjalan kaki, semuanya jauh lebih besar dan lebih tenang.


 Banyaknya pengetahuan yang dimiliki para petani semak itu luar biasa: mereka menunjukkan kepada saya tanaman untuk dimakan, tanaman untuk racun dan benih untuk hiasan. Segalanya tampak bermanfaat dan jika tidak, orang-orang Semak tahu untuk menghindarinya.


Melihat mereka di habitat ini membuka mata, saya mempertanyakan bagaimana mereka meneruskan pengetahuan dari orang dewasa ke anak-anak? Apakah mereka mengajar mereka? Pada awalnya panduan saya tidak dapat memahami pertanyaan dan setelah beberapa diskusi menjadi jelas mengapa.


Responsnya adalah bahwa anak-anak belajar dengan menonton dan hidup. Saya pikir ini luar biasa dan itu membuat saya sadar betapa sedikit yang saya tahu tentang orang-orang Semak dan betapa banyak lagi yang ingin saya ketahui.

Kami berhenti untuk beristirahat dan para wanita mulai menggali sesuatu dari tanah. Pada titik ini saya bertanya-tanya tentang hubungan pria dan wanita dan saya bertanya mengapa para pria tidak membantu.



Jawabannya sederhana, laki-laki dibutuhkan untuk perlindungan dan agar kekuatan mereka tidak terbuang untuk menggali. Sederhana dan elegan. Itu membuat saya berpikir bahwa hidup di lingkungan yang keras ini, margin kecil ini mungkin berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Para wanita menggali bola besar ini dari tanah, itu tampak sedikit seperti lobak berukuran sepak bola. Setelah mengupas kulitnya dan memotong beberapa helai, pemandu saya mengumpulkannya menjadi kepalan tangan, menempatkan tangannya di atas mulutnya dan meremasnya.


Liquid keluar dari kepalan tangannya dan masuk ke mulutnya. Sumber air! Ini adalah salah satu cara Bushmen belajar untuk bertahan hidup di lingkungan yang kering ini. Dengan mengenali spesies pohon ini, mereka dapat menemukan air di tempat yang paling langka.

Setelah selesai, bohlam itu dimasukkan kembali ke tanah dan bubur kertas ditinggalkan di permukaan untuk dimakan oleh spesies satwa liar lainnya. Tidak ada yang sia-sia. Saya membandingkan bagaimana kita hidup dan limbah yang berasal dari satu rumah tangga.



 Orang-orang Semak memiliki hubungan simbiosis dengan tanah. Gaya hidup pemburu pemburu sangat sedikit dan itu menunjukkan kepada saya betapa lebih banyak yang dapat kita pelajari dari mereka.

Saya meninggalkan orang-orang Semak dengan pengetahuan dan pertanyaan dan pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan.

Tautan : Sewa Bus

Comments

Popular posts from this blog

Catering Jogja Murah : Cara Membuat Masakan Pie Pot Ayam-Tarragon

Aqiqah Bandung Murah : Cara membuat quinche